Lima Kebiasaan Ini Bikin Ban Motor Cepat Gundul

Lima Kebiasaan Ini Bikin Ban Motor Cepat Gundul

5 Kebiasaan Ini Bikin Ban Motor Cepat Gundul

1. Jarang Membersihkan Ban

Ingat hindari penggunaan sabun colek atau detergen bubuk yang dapat mengurangi umur ban. Jika malas membersihkan ban motor, cukup basahi dan sikat, setelah itu bilas dengan air bersih. Bila musim hujan, pastikan kamu selalu membersihkan ban motor sesudah berkendara. Apalagi, bila ada kerikil atau lumpur yang tertinggal di sela-sela kembangan ban. Jika dibiarkan, kotoran membuat ban mengeras dan bisa membuat ban cepat retak.

2. Sering Berkendara dengan Tekanan Angin Rendah

Ingat tekanan angin pada ban motor yang berkurang membuat luas permukaan ban yang bergesekan dengan aspal jalanan juga semakin besar. Temperatur ban pun semakin tinggin sehingga tapak ban akan lebih mudah aus maka untuk menghindari ban motor cepat gundul, pastikan untuk rajin mengecek tekanan angin. Sesuaikan tekanan angin dengan seting pabrikan.

3. Sering Mengangkut Beban Berat

Padahal setiap ban motor memiliki batas maksimum untuk mengangkut beban. Jika melebihi batas yang sudah ditentukan maka tekanan ban ke aspal jadi lebih kuat. Gesekan antara ban dan jalan aspal pun semakin meningkat dan membuat ban motor cepat gundul. Ban motor bertambah cepat aus, bila kondisi tekanan angin pada ban juga berkurang. Apabila hal ini terus kamu lakukan, maka akan memicu kebotakan pada ban motor juga cepat.

4. Memarkir Motor dengan Standar Samping

Memarkir kendaraan sepeda motor dengan menggunakan standar samping akan membuat beban motor terpusat di satu sisi. Ini membuat kualitas ban motor menurun pada satu sisi saja. Tidak hanya itu, ban pun cepat aus karena beban motor terpusat pada satu sisi saja. Shockbreaker pun menjadi condong ke kiri dan menekan ban motor sebelah kiri. Tak heran, ban motor bagian kiri menjadi cepat aus.

5. Cara Berkendara yang ugal-ugalan

Sering mengendarai motor dengan ugal-ugalan serta memacu motor dengan kecepatan tinggi. Hal ini justru membuat kamu sering melakukan pengereman. Padahal pengereman yang mendadak dan terlalu sering membuat ban motor cepat gundul. 

Sumber FB : Servis Motor

©Terima kasih telah membaca Blog Ardiz Borneo dengan judul "Lima Kebiasaan Ini Bikin Ban Motor Cepat Gundul". Semoga betah di Blog Ardiz Borneo®

Artikel Terkait