Kenali Faktor Penyebab Meledaknya Septic Tank

Kenali Faktor Penyebab Meledaknya Septic Tank

Kenali Faktor Penyebab Meledaknya Septic Tank WC atau Toilet

Secara umum, septic tank tidak meledak dengan sendirinya, dalam konteks kecelakaan atau kegagalan septik tank yang berpotensi menyebabkan ledakan, lebih karena mengabaikan faktor-faktor bahaya Fisika dan kimia meliputi:

Akumulasi Gas Metana: Proses penguraian limbah organik di dalam septic tank menghasilkan gas, terutama metana, gas-gas berbahaya seperti metana dapat terakumulasi di dalam septic tank. Jika konsentrasi gas tersebut mencapai tingkat yang tinggi dan ada sumber panas atau api di sekitarnya, maka ledakan dapat terjadi.

Tidak ada Pipa Ventilasi: Jika septic tank tidak memiliki sistem ventilasi atau saluran gas buang yang memadai dapat menyebabkan penumpukan gas metana di dalam septik tank. Kurangnya aliran udara yang cukup dapat memperbesar risiko ledakan jika ada sumber panas atau api di sekitarnya.

Percikan Api: Kehadiran sumber api atau percikan api di sekitar septik tank dapat memicu ledakan jika terdapat konsentrasi gas yang cukup tinggi. Hal ini dapat terjadi misalnya jika ada kebocoran gas seperti lubang disekitar WC / Toilet  dalam kamar mandi.

Tekanan Tinggi: Jika terdapat tekanan yang tinggi di dalam septik tank, misalnya akibat penumpukan gas yang berlebihan atau pembentukan gas yang tidak dapat dilepaskan dengan cepat, maka tekanan tersebut dapat menyebabkan ledakan jika ada pelepasan tekanan atau bertemu dengan sumber panas yang tiba-tiba.

Untuk mencegah ledakan pada septik tank, penting untuk menjaga sistem pipa ventilasi  pada septik tank, melakukan perawatan rutin sehingga tidak ada penumpukan dan tekanan gas metana berlebih juga memastikan tidak ada sumber panas atau api yang dekat dengan septic tank. Semoga bermanfaat admin - Ruben -

Sumber : ahlik3.co.id

©Terima kasih telah membaca Blog Ardiz Borneo dengan judul "Kenali Faktor Penyebab Meledaknya Septic Tank". Semoga betah di Blog Ardiz Borneo®

Artikel Terkait