Doa Wudhu Membasuh Kedua Tangan

Doa Wudhu Membasuh Kedua Tangan

Doa Wudhu Membasuh Kedua Tangan

Doa Wudhu Membasuh Kedua Tangan

Membasuh tangan merupakan salah satu kewajiban wudhu. Dalam membasuh tangan, seluruh kulit dan rambut mulai ujung jari hingga keseluruhan siku harus terbasuh. Termasuk kulit di bawah kuku. Karena itu, bawah kuku perlu dijaga kebersihannya agar tak ada kotoran yang mengahalangi air sampai pada kulit di bawahnya. 

Saat membasuh tangan kanan, berdoa:

اَللّٰهُمَّ أَعْطِنِيْ كِتَابِيْ بِيَمِينِيْ وَحَاسِبْنِيْ حِسَابًا يَسِيرًا

Allâhumma a‘thinî kitâbî biyamînî, wa ḫâsibnî ḫisâban yasîran

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kitab amalku (kelak di akhirat) pada tangan kananku, dan hisablah aku dengan hisab yang ringan.”

Sedangkan saat membasuh tangan kiri, berdoa:

اَللّٰهُمَّ لَا تُعْطِنِيْ كِتَابِيْ بِشِمَالِيْ وَلَا مِنْ وَرَاءِ ظَهْرِيْ

Allâhumma lâ tu‘thinî bi syimâlî, wa lâ min warâ-idh dhahrî

Artinya: “Ya Allah, jangan Kauberikan kitab amalku (kelak di akhirat) pada tangan kiriku, dan jangan pula diberikan dari balik punggungku.”

Tentang doa di atas, kelak di akhirat nanti, Allah akan memberikan pada semua manusia, catatan amal mereka masing-masing. Apabila manusia tersebut amalnya baik, maka ia akan menerima kitab amalnya dengan tangan kanan dan berhadapan muka, namun apabila amalnya jelek, maka ia akan menerima kitab amalnya dengan tangan kiri dan diberikan dari balik punggung.

Redaksi doa ini dikutip dari kitab karya Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, "Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalâmi Sayyidil Abrâr" (Surabaya: Kharisma, 1998).

#nahdlatululama #nuonline #nuonline_id #doa #doanuonline #doayangbaik #doaharian #doawudhu

Sumber FB : NU Online

©Terima kasih telah membaca Blog Ardiz Borneo dengan judul "Doa Wudhu Membasuh Kedua Tangan". Semoga betah di Blog Ardiz Borneo®

Artikel Terkait