Tiap Bidang Ada Ahlinya
سُئل الإمام أحمد عن عبد الرزاق بن همام الصنعاني : هل كان له فقه ؟ فقال :"ما أقل الفقه في أصحاب الحديث" .
لو قالها غير أحمد لقيل عنه : عدو للسنة والأثر !
وظاهر الجواب أنه رفض وصف عبد الرزاق بالفقه ، على جلالة عبد الرزاق في أهل الحديث ، وعلى فقهه بالنسبة لغيره من أهل الحديث !
Imam Ahmad Ibn Hanbal ditanya tentang keahlian fiqh Imam Abdur Rozzaq bin Hammam ash Shon'ani (penulis Mushonnaf Abdur Rozzaq, ahli hadits termasyhur).
Imam Ahmad menjawab : Betapa sedikitnya keahlian fiqh yang dimiliki ahli hadits.
Syarif Hatim Al Auni memberi catatan :
Jika yang menjawab bukan Imam Ahmad, niscaya di zaman sekarang dia akan dituduh musuh Sunnah.
Dhohir jawaban Imam Ahmad menunjukkan bahwa beliau menolak gelar ahli fiqh untuk Imam Abdur Rozzaq, padahal beliau dikenal sebagai ahli hadits yang termasyhur, dan keahlian fiqh beliau lebih menonjol dibanding ahli hadits yang lain.
وإذا كانت هذه شهادة إمام أهل الحديث فيهم ، فكيف يُجعل هؤلاء مرجعا في التكفير والتبديع ، وهما من أخص خصائص الفقهاء ومن أجل أبواب الفقه ! لا جرم أن الإمام الخطابي (ت٣٨٨هـ) يقول : "إن أهل الحديث قد يُسرع قوم منهم إلى تكفير من [تأول] الأحاديث في الصفات ، وما هم عند العلماء وعامة الفقهاء بكفار". نقله أبو القاسم الأرغياني (ت٥١٢هـ) في كتابه الغنية في الكلام (٢/ ٦٥٩- ٦٦٠) .
Jika ini penjelasan Imam Ahmad tentang lemahnya keahlian fiqh di kalangan ahli hadits, maka bagaimana mungkin ahli hadits menjadi rujukan dalam urusan takfir (menetapkan kekafiran) dan tabdi' (menetapkan kebid'ahan), padahal dua hukum ini adalah keahlian khusus para ahli fiqh dalam kitab kitab fiqh ???
Karena itu Imam Al Khotthobi (wafat 388 H) berkata : sebagian ahli hadits ada yang mudah mengkafirkan orang orang yang mena'wil hadits hadits Shifat, padahal di kalangan ulama' dan mayoritas fuqoha' mereka bukanlah orang orang kafir.
Dikutip dari FB Syarif Hatim Al Auni
Sumber FB Ustadz : Ahmad Halimy
20 Februari 2021 ·