Kapan Terjadi Isra' Mi'raj?
Peristiwa Isra' Mi'raj ditarjih oleh kebanyakan para ulama di negeri kita adalah tanggal 27 Rajab tanpa angka tahun yang disepakati.
Bahkan secara birokrasi negara, tanggal ini menjadi tanggal merah secara resmi. Tahun 2021 ini jatuh di hari Kamis 11 Maret, dan menjadi hari kejepit nasional.
Biasanya kalau Kamis tanggal merah, maka hari Jumat-nya dijadikan libur atau cuti bersama. Namun karena masih covid-19, cuti bersama ditiadakan.
Namun meski kita semua mengimani dan membenarkan bahwa Nabi SAW itu menjalani peristiwa Isra' dan Mi'raj, ternyata keberadaan tanggal 27 Rajab sebagai malam terjadinya peristiwa mukjizat ini rupanya banyak juga versinya, khususnya bila kita telaah berbagai literatur terkait kapan tepatnya peristiwa itu.
Maka kadang saya sendiri sering dikritik ketika menyebutkan tanggal 27 Rajab sebagai peristiwa Isra' Mi'raj. Mereka bilang bukan tanggal itu, bahkan bukan bulan dan tahun itu.
Saya sih senyum-senyum saja tidak menyalahkan atau mempertahankan. Memang benar sekali para ulama, khususnya ahli tarikh, berbeda pendapat tentang tanggal, bulan dan tahun kejadiannya.
Namun tentu saja perbedaan itu tidak sampai kepada mengingkari kejadiannya. Kita tetap mengimani peristiwanya, meski tidak sepakat tanggal persisnya.
A. Kelompok Pertama : Setahun Sebelum Hijrah
Kelompok ini menyebutkan bahwa perisitwa itu terjadi setahun sebelum hijrah, atau tahun ke-12 semenjak masa kenabian Muhammad SAW.
Ibn Qutaibah (baca : Al-Ma’arif hal 150-151) menyebutkan bahwa Nabi SAW usia 40 tahun menjadi nabi. Lalu 9 tahun kemudian yaitu ketika bersia 49, Abu Thalib pamannya wafat dan disusul Khadijah tiga hari kemudian. Tiga hari kemudian Nabi SAW ke hijrah ke Thaif. Disana satu bulan baru Nabi SAW kembali ke Mekkah.
Satu tahun setengah setelahnya saat Nabi SAW di-isra'-kan dan di'mi'rah-kan, yaitu ketiga berusia 51 tahun. Satu tahun setengah kemudian yaitu ketika usi 53 tahun, Nabi SAW hijrah ke Madinah.
Mereka menyepakati tahunnya, namun tidak sepakat tanggal dan bulannya. Rinciannya sebagai berikut ini :
1. Pendapat Pertama : Tanggal 27 Rabiul Akhir tahun ke-12 Kenabian
Tahun Imam Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim (2/209) menyebutkan Isra Mi’raj terjadi tanggal 27 Rabiul akhir satu tahun sebelum hijrah, Imam nawawi mengutip riwayat ini dari al-Ḥarby.
2. Pendapat Kedua : Tanggal 17 Rabiul Awal Tahun ke-12 Kenabian
Ibn Sa’ad menyebutkan bahwa itu terjadi tanggal 17 Rabiul Awal satu tahun sebelum Hijrah (Thabaqat al-Kubra jilid 1 hal. 182). Pendapat ini juga dikuatkan oleh Al-Qusthalany (baca : Irsyad al-Sari jilid hal 03).
3. Pendapat Ketiga : Tanggal 27 Rajab
Pendapat ini dikutip oleh Ibnu Katsir (baca : Al-Bidayah wa al-Nihayah jilid 3 hal135). Pendapat ini juga dipegang oleh beberapa ulama seperti Ibn al-Atsir, Imam Nawawi, al-Rafi’i, al-Isnawy, al-Adzra’i, dan al-Zarkasyi.
B. Kelompok Kedua
Pendapat kelompok kedua ini temasuk agak asing buat kita. Karena agak jauh berbeda dibandingkan dengan yang sering kita dengar.
Misalnya Ibnu Asakir (baca : Tarikh Dimasyq jilid 3 hal 480) yang mengatakan kejadiannya hanya berselang beberapa bulan sejak Nabi SAW diangkat menjadi utusan Allah.
At-Thabari (baca : Tarikh Rusul wa al-Muluk jilid 2 hal. 307) nampaknya juga berpendapat sama dalam hal ini.
Dalam kitab Ar-Rahiq Al-Makhtum, Al-Mubarokfury menuliskan paling tidak ada 6 versi.
واختلف في تعيين زمنه على أقوال شتى:
١- فقيل: كان الإسراء في السنة التي أكرمه الله فيها بالنبوة، اختاره الطبري.
1. Terjadi saat Nabi SAW diangkat menjadi rasul. Ini versi Ath-Thabari.
٢- وقيل: كان بعد المبعث بخمس سنين، رجح ذلك النووي والقرطبي.
2. Lima tahun setelah diangkat jadi Nabi. Ini ada penjelasan dari An-Naawi dan Qurtubi
٣- وقيل: كان ليلة السابع والعشرين من شهر رجب سنة ١٠ من النبوة، واختاره العلامة المنصور فوري.
3. Malam 27 Rajab tahun ke-10. Ini versi Al-Manshur Fairy.
٤- وقيل: قبل الهجرة بستة عشر شهرا، أي في رمضان سنة ١٢ من النبوة.
4. Sembilan belas bulan sebelum hijrah, yaitu tahun ke 12 di bulan Ramadhan.
٥- وقيل: قبل الهجرة بسنة وشهرين، أي في المحرم سنة ١٣ من النبوة.
5. Setahun dua bulan sebelum hijrah, tepatnya bukan Muharram tahun ke-13 dari kenabian.
٦- وقيل: قبل الهجرة بسنة، أي في ربيع الأول سنة ١٣ من النبوة.
6. Setahun sebelum hijrah, yaitu Rabiul Awal tahun ke-13 dari kenabian.
Jadi mana dong yang benar?
Susah juga ya menjawabnya. Tapi saya sih sukanyapakaiyang paling banyak diterima masyarakat yaitu 27 Rajab. Yang pasti tidak salah.
Bahwa ada banyak pendapat lain, santai saja. Tidak perlu kita sok ikut-ikutan belagak jadi ahli sejarah. Biar saja para ahli sejarah bekerja sesuai bidang mereka.
Tugas kita adalah belajar banyak perbedaan mereka. Setidaknya kalau ada soal nanti jadi bisa jawab.
Sebutkan 6 versi yang berbeda tentang kapan terjadinya isro' mi'roj?
Sumber FB Ustadz : Ahmad Sarwat
Kajian · 12 Maret 2021 pada 11.13 ·