Bedug Terbesar di Indonesia

Bedug Terbesar di Indonesia
Konon, inilah bedug terbesar di dunia. Namun, pastinya Bedug Purworejo itu adalah bedug terbesar di Indonesia. Menurut keterangan yang ada di sebelah bedug tersebut, bedug yang dikenal pula dengan sebutan Bedug Pendowo tersebut berdiamater di bagian depan mencapai 194 cm, sedangkan di bagian belakang berdiameter 180 cm.

Panjangnya bahkan sampai 292 centimeter. Bisa dibayangkan betapa besarnya bedug tersebut. Jika Anda melintasi jalur selatan di kala mudik, tak ada salahnya Anda mampir ke Masjid Agung Kauman Purworejo untuk menunaikan shalat sekaligus melihat bedug raksasa itu. Beberapa wisatawan tak segan-segan mampir demi berfoto bersama Bedug Pendowo. Bedug ini dibuat pada tahun 1834 di kala pemerintahan Bupati Tumenggung Cokronegoro I.

"Yah, banyak juga yang menganggap ini keramat. Tapi wisatawan banyak yang datang untuk lihat Bedug Pendowo. Banyak yang dari luar kota dan juga yang non-Muslim," kata salah satu penjaga di Masjid Agung Kauman Purworejo. Kayu-kayu jati tampak kokoh seakan tak kenal dimakan usia. Kayu jati dari Desa Bragolan, Kecamatan Purwodadi digunakan sebagai bahan pembuatan bedug.

Kayu jati yang dipakai disebut-sebut bercabang lima. Usianya sudah tentu telah sangat tua mencapai ratusan tahun. Pohon jati bercabang lima inilah yang disebut sebagai Pendowo. Sementara itu kulit bedug terbuat dari kulit banteng. Namun karena sempat rusak, akhirnya diganti dengan kulit sapi. Bedug ini memerlukan paku sebanyak 120 buah untuk di bagian depan dan 98 buah untuk di bagian belakang.

Setiap harinya, terdengar dentuman bedug raksasa nan syahdu yang mengingatkan setiap umat untuk menunaikan shalat. Pada hari raya keagamaan Bedug Pendowo pun dibunyikan. Kini, replika dari bedug besar itu bisa juga Anda temui di Taman Mini Indonesia Indah.

Sumber : travel.kompas.com (18 Juli 2011)
©Terima kasih telah membaca Blog Ardiz Borneo dengan judul "Bedug Terbesar di Indonesia". Semoga betah di Blog Ardiz Borneo®

Artikel Terkait