Ardiz  Tarakan  Borneo  A Simple Borneo Blogger. Beautiful Sharing for Anyone.

Selasa, Juli 27, 2010

Tips Berhemat Dalam Rumah Tangga

Orang yang memberi petunjuk kepada kebaikan sama pahalanya seperti orang yang melakukannya. (HR. Bukhari).
Yusuf Mansur FB Damai Indonesiaku Online FB Mario Teguh FB KH. Abdullah Gymnastiar FB Ustadz Felix Siauw FB Ustad Yusuf Mansyur
Sebarkanlah informasi kebaikan di dunia, sehingga menjadi ladang amal kebaikan bagi Anda di akhirat kelak.
Tips Berhemat Dalam Rumah TanggaJakarta - Mungkin cara mengatur uang dan keharmonisan rumah tangga seakan tak ada hubungannya. Namun dari berbagai penelitian terbukti, masalah keuangan adalah salah satu sumber pertengkaran.

Jika sebagai istri, Anda dapat mengatur keuangan rumah tangga dengan baik, maka secara otomatis Anda juga mencegah timbulnya perselisihan dalam rumah tangga. Berikut beberapa tips mengatur keuangan dalam rumah tangga.

1. Buat catatan pengeluaran pribadi
Jadikan catatan ini seperti diary atau jurnal pribadi. Ceritakan hal-hal apa saja yang telah Anda beli selama bulan ini. Di akhir bulan, Anda bisa me-review catatan tersebut. Catatan itu juga bisa menjadi bahan introspeksi diri saat Anda membeli sesuatunya secara berlebihan.

2. Gunakan metode amplop
Jika takut uang yang Anda pegang akan terpakai untuk hal-hal yang kurang penting, coba gunakan amplop-amplop khusus untuk menyimpannya. Sediakan beberapa amplop, lalu tuliskan pengeluaran bulanan Anda seperti bayar listrik, belanja kebutuhan bulanan, membayar sekolah anak-anak dan sebagainya. Pisahkan tiap-tiap amplopnya, sehingga pengeluaran yang utama tidak terbengkalai. Sisanya bisa Anda gunakan untuk berwisata atau menabung.

3. Pilah-pilih pengeluaran
Saat resesi datang, pendapatan menjadi tidak pasti. Ini saatnya Anda memangkas pengeluaran dengan memilih prioritas. Misalnya jika biasanya jadwal wisata Anda dua minggu sekali, coba ubah menjadi satu bulan sekali, dsb.

4. Menabung
Jika saat single Anda biasa nge-gym di tempat yang mewah, facial dua minggu sekali di salon ternama dan sebagainya, ada baiknya untuk mengurangi kegiatan tersebut. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan olahraga dengan cara jogging bersama keluarga atau membeli dvd aerobic dan melakukannya sendiri dirumah. Tak ada salahnya juga untuk investasi alat-alat olahraga seperti treadmill. Pengeluaran ini akan jauh lebih kecil ketimbang membayar keanggotaan gym mewah.

Kebiasaan ke salon juga bisa dikurangi dengan membuat sendiri ramuan kecantikan alami seperti yang ada di www.wolipop.com. Lebih murah juga sehat. Uang Anda bisa disimpan untuk hal-hal yang lebih penting dan mendesak. Keuangan lancar, suami pun senang! (kee/fer)

Sumber: Wolipop (26 Juli 2010) Borneo

Label:

Anda sedang membaca artikel
"Tips Berhemat Dalam Rumah Tangga"
di blog Ardiz Tarakan Borneo
Rekomendasikan lewat Google +1 dengan mengklik tombol
Untuk berbagi di Facebook Anda, klik tombol
Terima kasih atas kunjungan Anda.

Diskominfo Tarakan Indonesia

1 Comments for Tips Berhemat Dalam Rumah Tangga:

At Minggu, Januari 13, 2013 10:19:00 PM, Blogger muhamad nasrudin :

terima kasih buat tipsnya semoga bisa bermanfaat buat yang membacanya, sekalilagi saya mengusapkan terimakasih.

 

Poskan Komentar