Blog of Ardiz at Tarakan Kalimantan Indonesia. A Simple Borneo Blogger.

Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan PriaTanpa disadari nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bisa mempengaruhi potensi dari sperma seorang laki-laki. Pola makan yang buruk dapat menurunkan kualitas dan kuantitas dari sperma. Karena itu ketahui nutrisi apa saja yang baik dikonsumsi pria agar bisa membuat istrinya cepat hamil.

Fertilitas atau kesuburan bukan hanya menjadi masalah kaum perempuan saja, karena sebuah penelitian menunjukkan lebih dari 40 persen masalah kesuburan disebabkan oleh laki-laki. Pola makan yang sehat tidak hanya bisa membuat istri menjadi hamil, tapi juga memungkinkan bayi yang dikandungnya memiliki berat badan ideal. Karena berat badan bayi yang rendah bisa menimbulkan masalah serius pada anak nantinya.

Seperti dikutip dari Babycenter, Selasa (15/12/2009) nutrisi yang sebaiknya dikonsumsi pria agar bisa meningkatkan kualitas sperma dan kesuburannya, yaitu:

1. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C dan antioksidan.
Nutrisi ini bisa membantu mencegah sperma yang cacat dan meningkatkan motilitas (gerakan dari sperma). Sebaiknya konsumsi jus jeruk yang mengandung 124 miligram vitamin C atau minimal 90 miligram setiap harinya, tapi jika Anda merokok sebaiknya konsumsi 125 miligram vitamin C.

2. Cukupkan konsumsi zink.
Beberapa penelitian menunjukkan dalam waktu jangka pandek, pria yang kekurangan zink dalam tubuhnya bisa mengurangi volume dari air mani dan kadar testosteronnya. Setiap hari setidaknya konsumsi 11 miligram zink yang bisa berasal dari kerang tiram, daging tidak berlemak (tenderloin), kacang yang dipanggang dan daging ayam hitam.

3. Memenuhi kandungan asam folat.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria dengan kadar vitamin B yang rendah bisa menurunkan jumlah sperma sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya pembuahan. Konsumsi asam folat setidaknya 400 mikrogram setiap hari yang bisa didapatkan dari sereal, sayuran hijau, kacang polong dan jus jeruk.

4. Meningkatkan asupan kalsium dan vitamin D.
Menurut penelitian dari University of Wisconsin di Madison, mengonsumsi 1.000 mg kalsium dan 400 IU (10 mikrogram) vitamin D bisa meningkatkan kesuburan seorang pria. Sumber kalsium yang baik adalah skim milk dan yogurt sedangkan untuk sumber vitamin D bisa dari susu dan salmon.

5. Mengurangi konsumsi alkohol.
Mengonsumsi minuman anggur (wine), bir atau minuman keras lain yang mengandung alkohol bisa mengurangi jumlah sperma dan kadar testosteron. Selain itu juga meningkatkan jumlah sperma yang abnormal dan ejakulasi dini.

Jika Anda dan pasangan berniat untuk cepat memiliki anak, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi nutrisi-nutrisi tersebut agar istri tercinta Anda bisa segera hamil. (ver/ir)

Sumber : detikHealth (15 Desember 2009)



Artikel Menarik :

2 komentar: