ePrint, Teknologi Print Jarak Jauh dari HP

ePrint, Teknologi Print Jarak Jauh dari HP - Tekno BorneoTerjebak macet di Jakarta? Dokumen harus segera dicetak ke kantor saat itu juga? Jangan khawatir, teknologi terbaru printing jarak jauh Hewlett-Packard (HP) bernama ePrint bisa menjadi solusi.

"Ini bukan wireless printer yang printernya harus dekat. ePrint printernya bisa saja ada di Singapura, Dubai, atau negara manapun," papar Ng Tian Chong, VP IPG Consumer, Inkjet and Web Solution HP Asia Pacific and Japan, saat acara peluncuran HP ePrint bertempat di XXI Longue, Plaza Indonesia, Selasa (11/1/2011).

Sebagai informasi, ePrint merupakan teknologi pertama HP di dunia printing dimana pengguna tak membutuhkan PC dan sambungan kabel untuk mencetak dokumen atau foto. Sistem printer jarak jauh ini memungkinkan pengguna mencetak dokumen langsung dari ponsel pintar atau laptop mereka, semudah mengirim email. Teknologi ini memanfaatkan infrastruktur cloud computing milik HP.

Dengan ini pengguna tak perlu repot mencetak dokumen dengan langkah yang cukup panjang. Menyalakan PC, menyambung kabel ke printer, instalasi driver, dan serangkaian 'birokrasi' panjang lain tak perlu lagi dilakukan.

"Dengan ePrint cuma satu langkah saja. Send selama anda bisa mengirim email," lanjut Mulia Dewi Karnadi, Managing Director Imaging and Printing Group HP Indonesia.

Proses Printing Sangat Mudah

Dalam demo ePrint di XXI Longue, detikINET berkesempatan melihat betapa mudahnya mencetak dokumen atau foto, langsung dari iPhone, iPad, BlackBerry atau ponsel lainnya.

Sayangnya teknologi ePrint ini hanya bekerja pada jajaran printer terbaru HP saja. Prinsipnya sederhana, satu printer akan memiliki satu alamat khusus (layaknya PIN pada BlackBerry). Nah, pengguna tinggal mengirim dokumen ke alamat tersebut melalui koneksi 3G atau Wifi. Printer yang sudah terhubung dengan internet pun langsung siap mencetak. ( fw / ash )

Sumber : detikinet (11 Januari 2011)
©Terima kasih telah membaca Blog Ardiz Borneo dengan judul "ePrint, Teknologi Print Jarak Jauh dari HP". Semoga betah di Blog Ardiz Borneo®

Artikel Terkait