Makanan Alami Penangkal Berbagai Penyakit

Makanan Alami Penangkal Berbagai PenyakitMeski sudah sering mendengar bahwa cara terbaik untuk tetap sehat adalah dengan banyak mengonsumsi berbagai macam makanan kaya vitamin, tapi rasanya masih sulit untuk mewujudkannya, terlebih pada budaya instan kita. Alhasil, kita pun mencari makan super. Makanan yang sudah dikemas lengkap dengan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Kita juga ingin makanan super ini dapat meminimalisir kerusakan sel yang bisa memicu terjadi penyakit jantung, kanker, Alzheimer, dan penyakit lainnya. Ini semua kita simpulkan dalam satu pil suplemen, padahal sebenarnya nutrisi sempurna bisa kita dapat dari makanan-makanan alami seperti di bawah ini:

1. Anggur ungu, merah, dan biru.
Buah anggur, terutama yang berwarna gelap, kaya akan kandungan phytochemical, yaitu antioksidan yang mampu melindungi kita dari kanker dan penyakit jantung. Selain itu, di dalam anggur terdapat dua phytochemical, anthocyanin dan proanthocyanidin, yang sangat baik bagi sistem imun kita. Plus, anggur juga mengandung vitamin C dan selenium.

2. Blueberry.
Beberapa penelitian terbaru pada binatang menemukan, blueberry bisa membantu melindungi sel dari kerusakan dan menurunkan peradangan. Buah mini ini memiliki kandung vitamin dan mineral yang tinggi dan mampu menguatkan sistem imun, sekaligus kandungan phytochemical akan melindungi kita dari kanker dan penyakit jantung.

3. Berry merah.
Buah beri-berian, terutama raspberry dan stroberi, memiliki asam elagik yang merupakan zat phytochemical dalam buah-buahan yang bisa membungkus tubuh kita dari serangan zat-zat radikal bebas penyebab kanker, baik dari makanan dan lingkungan.

4. Kacang.
Asupan mini merupakan makan paling seimbang di bumi ini. Selain menawarkan lemak sehat dalam dosis yang pas, kacang juga menyediakan sejumlah protein dan karbohidrat. Setiap kacang memiliki keunikannya masing-masing, seperti kacang kenari yang memiliki kandungan omega-3 tertinggi, atau kacang Brazil dengan kandungan selenium terbaik. Bonus lainnya, kacang juga mengandung phytochemical, seperti resveratrol dan sterol tumbuhan, yang bisa menurunkan kolesterol.

5. Sayuran hijau.
Brokoli dan bayam. Sayuran super ini memiliki kandung nutrisi pelawan penyakit yang tinggi, termasuk vitamin C, E, A, kalsium, magnesium, dan potasium. Tambahan lainnya, sayuran hijau juga penuh akan phytochemical, seperti kaempferol, yang bisa melebarkan pembuluh darah dan melawan zat-zat pemicu kanker. Santap antioksidan yang sama baiknya dalam bawang perai, selada, dan kubis.

6. Teh.
Dengan menyeruput teh, kita akan mendapatkan 2 phytochemical sekaligus, yaitu anthocyanin dan pro anthocyanin. Kedua-duanya adalah antioksidan yang mampu melawan peradangan. Ditambah dengan adanya catechin, akan memerintahkan antioksidan untuk menahan kerusakan sel yang bisa memicu kanker. Plus, kandungan EGCG (Epi-gallocathecin gallate), yaitu golongan flavonoid yang tinggi antioksidannya, berguna untuk melawan radikal bebas pemicu kanker, menurunkan kolesterol penyebab penyakit jantung dan diabetes.

7. Gandum utuh.
Beberapa penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi satu porsi gandum utuh setiap hari memiliki risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih kecil. Kandungan zinc, selenium, dan phytochemical akan melindungi tubuh kita dari penyakit jantung dan kanker. Pilih roti gandum ketimbang roti tawar putih, atau nasi merah ketimbang nasi putih.

8. Ikan
Santapan laut ini sangat kaya akan kandungan asam lemak omega-3, yang mampu mencegah penyakit peradangan, seperti penyakit jantung koroner. Meski semua ikan memiliki omega-3, tapi yang terbaik bisa kita dapatkan pada ikan sarden, salmon, makarel, tuna, haring, dan tiram. Selain itu, ikan juga menawarkan nutrisi penting yang sulit ditemukan dalam makanan, yaitu vitamin D. (Astrid Anastasia/prevention indonesia)

Sumber: TribunKaltim (24 Juli 2010) Borneo
©Terima kasih telah membaca Blog Ardiz Borneo dengan judul "Makanan Alami Penangkal Berbagai Penyakit". Semoga betah di Blog Ardiz Borneo®

Artikel Terkait