10 Makanan Bikin Hati Sehat

Penulis : Ikarowina Tarigan

10 Makanan Bikin Hati SehatHATI merupakan organ tubuh yang sangat vital karena berfungsi mendetoksifikasi racun-racun di dalam tubuh. Agar tetap berfungsi dengan baik, hati juga memerlukan nutrisi-nutrisi tertentu selain nutrisi yang bisa meningkatkan aliran air empedu. Aliran air empedu merupakan bagian penting dari detoksifikasi karena berfungsi membawa racun-racun larut dalam lemak dari hati dan mengeluarkannya bersama kotoran. Nutrisi apa saja yang diperlukan? Berikut uraiannya untuk Anda.

Multivitamin dan suplemen. Pilihlah multivitamin yang mengandung selenium, molybdenum, seng dan tembaga. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan suplemen choline dan methionine yang berfungi meregulasi metabolisme lemak dan meningkatkan aliran air empedu.

Vitamin C. Vitamin C merupakan jenis vitamin larut dalam air yang mendukung proses detoksifikasi. Selain itu, vitamin ini juga berfungsi mengurangi beberapa efek samping detoksifikasi, seperti sakit kepala atau mual.

Milk Thistle. Tanaman bunga dari keluarga asteracea ini merupakan herbal yang berdampak positif terhadap hati. Tanaman ini mengandung antioksidan yang membantu proses regenerasi sel hati.

Artichokes. Tanaman sayur berbentuk bongkol ini mengandung komponen affeoylquinic acids yang berfungsi meningkatkan aliran air empedu dan membantu mencerna lemak-lemak.

Bit. Bit mengandung betaine yang berfungsi membantu regenerasi sel-sel hati dan aliran air empedu. Selain itu, bit juga membantu metabolisme lemak.

Brokoli. Brokoli dan anggota keluarga brassica lainnya seperti kubis, kol bunga, taoge, dan kol, berfungsi mendukung kerja enzim-enzim detoksifikasi hati.

Buah dan sayuran segar. Makanan ini merupakan sumber vitamin C dan glutathione yang sangat penting dalam proses detoksifikasi.

Protein. Protein diperlukan oleh hati dalam proses detoksifikasi. Anda bisa mendapatkan protein dari beragam makanan seperti kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, tepung protein, serta ikan dalam jumlah sedang.

Bawang putih dan bawang merah. Kedua jenis sayur ini mengandung komponen sulfur. Komponen ini terlibat dalam proses sulfation, proses detoksifikasi terhadap zat-zat kimia dari lingkunagn dan obat-obatan tertentu serta zat tambahan pada makanan. Komponen ini juga membantu mengeluarkan besi-besi berat berbahaya dari dalam tubuh.

Akar dandelion. Herbal satu ini berfungsi meningkatkan aliran air empedu. Anda bisa menggunakannya dalam bentuk teh. (OL-08)

Sumber : Media Indonesia (26 Oktober 2009)
©Terima kasih telah membaca Blog Ardiz Borneo dengan judul "10 Makanan Bikin Hati Sehat". Semoga betah di Blog Ardiz Borneo®

Artikel Terkait