Tertundanya Pengabulan Doa

Oleh : Syaikh Ibn’Atha’illah

"Terlambat datangnya pemberian Allah, mesti sudah dimohonkan berulang-ulang, janganlah membuatmu patah harapan. Karena Dia telah menjamin untuk mengabulkan permintaanmu sesuai dengan apa yang Dia pilihkan untukmu, bukan menurut keinginan engkau sendiri. Juga dalam waktu yang Dia kehendaki, bukan pada waktu yang engkau inginkan."

Penjelasan :

Tidak sepatutnya seorang hamba berburuk sangka kepada Allah akibat doa2nya belum dikabulkan oleh-Nya. Dan sebaiknya bagi hamba yang tidak tahu apa yang akan terjadi atas dirinya esok hari, segera melakukan instrospeksi diri. Karena Allah sendiri sudah mengatakan dalam sebuah firmanNya :

Dan Rabbmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya.Sekali-kali tidak ada hak bagi mereka untuk memilih (QS : Al Qashash:68).

Dan hendaknya kita senantiasa mengingat firman Allah Ta’ala berikut ini :
Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu.Dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah Maha Mengetahui sedang kamu tidak mengetahui (QS. Al Baqarah:216).

Syaikh Ibn’Atha’illah juga mengingatkan :

Tidak terlaksananya sesuatu yang dijanjikan oleh Allah janganlah sampai membuatmu ragu terhadap janji Allah itu. Ini agar tidak mengaburkan bashirah-mu (pandangan mata batin) dan memadamkan nur (cahaya) hatimu.

Penjelasan :

Sebagai hamba, manusia tidak mengetahui kapan persisnya Allah akan menurunkan karunia dan rahmat-Nya. Sehingga apabila seseorang melihat tanda2 tertentu, maka ia akan menduga bahwa itulah saat yang dijanjikan oleh Allah. Sementara dari sisi Allah, sebetulnya masih ada persyaratan yang Dia kehendaki atas diri hamba itu yang belum terpenuhi. Jadi jangan sampai menuduh Allah melanggar janji-janjiNya.

Allah Ta’ala berfirman,
Ingatlah, bahwa sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat (QS. Al Baqarah:214).

Dalam firman Allah yang lain digambarkan, bahwa manusia itu memiliki sifat cenderung tergesa-gesa :
Dan adalah manusia itu bersifat tergesa-gesa.(QS. Al Israa:11)

From : imawati (******@yahoo.com)
Date : Wednesday, May 28, 2008 1:41:05 PM

©Terima kasih telah membaca Blog Ardiz Borneo dengan judul "Tertundanya Pengabulan Doa". Semoga betah di Blog Ardiz Borneo®

Artikel Terkait